Langsung ke konten utama

Mengupas Strategi Pasar Perusahaan Market Leader

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, market leader industri baja di Indonesia, akan melakukan sejumlah strategi di 2019, mulai dari restrukturisasi utang hingga akuisisi terhadap pabrik baja. KS akan merestrukturisasi utang sebesar US$2 miliar atau setara Rp28 triliun (kurs Rp14.000 per dolar AS) pada tahun ini. Seiring dengan itu, KS juga sedang bernegosiasi untuk mengakuisisi dua sampai tiga pabrik baja yang terancam kolaps.

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim menjelaskan beberapa opsi yang disiapkan dalam restrukturisasi utang antara lain perpanjangan utang, negosiasi bunga utang, dan utang ditukar dengan saham perusahaan (debt to equity swap). "Fokusnya (tahun ini) kan menata fundamental Krakatau Steel dulu, saya mau buat Krakatau Steel sehat dulu, salah satunya restrukturisasi," ujarnya.

Dalam laporan keuangan perusahaan per September 2018, total liabilitas emiten berkode KRAS itu sepanjang kuartal III 2018 sebesar US$2,35 miliar. Angka itu naik dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$2,26 miliar.

Total liabilitas kuartal III 2018 ini terdiri dari liabilitas jangka pendek sebesar US$1,39 miliar dan liabilitas panjang US$960,99 juta. Sementara, pada kuartal III 2017 total liabilitas pendek hanya US$1,36 miliar dan liabilitas jangka pendek US$899,67 juta.

"Untuk pelunasan utang Krakatau Steel ini juga saya turun langsung untuk diskusi dengan Direktur Utama perbankan yang termasuk Himpunan Bank Milik Negara (Himbara)," imbuh Silmy.

Perusahaan beserta entitasnya memiliki utang dari berbagai perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Beberapa bank tersebut, yakni PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Selain itu, dia menerangkan KS juga akan mengakuisisi dua sampai tiga pabrik pada tahun ini usai proses restrukturisasi rampung dilakukan. Targetnya, kata Silmy, akuisisi bisa dilakukan sekitar kuartal II atau kuartal III tahun ini. "Akuisisinya dilakukan dengan BUMN karya, jadi bermitra," jelasnya.

Saat ini, manajemen sudah melakukan uji coba terhadap pabrik yang akan diakuisisi dan terus berdiskusi dengan BUMN karya. Hanya saja, ia mengaku belum menentukan asal pendanaan untuk mengambilalih dua sampai tiga pabrik baja.

Beberapa opsi yang direncanakan, antara lain penerbitan surat utang (obligasi), penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, dan pinjaman. "Tapi pilihan itu kami pilih setelah restrukturisasi dulu," tandasnya.

Seperti diketahui, KS berencana membeli pabrik baja yang sudah kolaps atau bangkrut. Langkah ini sebagai upaya untuk meningkat produksi perseroan.

“Di sini saya, dengan teman-teman board on director (BOD), kita mau ambil pabrik yang sudah dan agak kolaps. Kalau untung nggak dijual," ujarnya.

Dia mengatakan, pabrik kolaps ini akan menambah produksi Krakatau Steel sebanyak 1 juta ton. Silmy sendiri enggan menyebut lokasi pabrik tersebut. "Kurang lebih mudah-mudahan tambahan 1 juta ton. Gini, kalau masalah tempat dan sebagainya nggak bisa kasih tahu. Tambahan 1 juta ton per tahun, tambahan. Masih negosiasi," ujarnya.

Silmy melanjutkan, saat ini kapasitas produksi Krakatau Steel sebesar 5 juta ton per tahun. Tahun depan, kapasitasnya anak naik lagi sebesar 1 juta hingga 1,5 juta ton dengan adanya mesin baru.

Jadi, kapasitas produksi tahun depan akan meningkat sekitar 6 juta ton per tahun. "Kapasitas 6 juta-6,5 juta ton, tambahan kan bulan April, jadi saya ngehitungnya 1 juta saja, jadi 6 juta ton," terangnya.(*/)


Sumber: klik di sini

(Butuh database spesifik per sektor industri)
Atau Mari Simak Coverage Riset Data Spesifik Duniaindustri.com:
Market database
Manufacturing data
Market research data
Market leader data
Market investigation
Market observation
Market intelligence
Monitoring data
Market competition data
Multisource compilation data
Market domestic data
Market export data
Market impor data
Market directory database
Competitor profilling
Market distribution data
Consumer database
Mapping competition trend
Profiling competitor strategy
Market data analysist
Historical data
Time series data
Tabulation data
Factory directory database
Market segmentation data
Market entry strategy analysist
Big data processor
Financial Modeling/Feasibility Study
Price trend analysist
Data business intelligence


* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 164 database, klik di sini
** Butuh competitor intelligence, klik di sini
*** Butuh copywriter specialist, klik di sini
**** Butuh content provider (branding online), klik di sini
***** Butuh jasa medsos campaign, klik di sini


Database Riset Data Spesifik Lainnya:
  • Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 164 database, klik di sini
  • Butuh 22 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
  • Butuh 18 Kumpulan Riset Data Kelapa Sawit, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Semen dan Beton, klik di sini
  • Butuh 8 Kumpulan Riset Data Baja, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Transportasi dan Infrastruktur, klik di sini
  • Butuh 9 Kumpulan Data Makanan dan Minuman, klik di sini
  • Butuh 6 Kumpulan Market Analysis Industri Kimia, klik di sini
  • Butuh 3 Kumpulan Data Persaingan Pasar Kosmetik, klik di sini
  • Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
  • Butuh copywriter specialist, klik di sini
  • Butuh content provider (online branding), klik di sini
  • Butuh market report dan market research, klik di sini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skincare Cosmetics Data Growth Market in Indonesia

  This 2017-2024 Cosmetic Skincare Market Potential Data Research (Distribution Channel Growth Trends)  was released in the fourth week of September 2021 featuring a study of specific data, research on the cosmetic and beauty market potential, a complete database, market analysis, market outlook, and market leader database. This research data contains 59 pages measuring 4.3 MB which was created to be a comprehensive guide and reference for investors, corporations, researchers, and various stakeholders at large. This Research on Skincare Cosmetics Market Potential Data 2017-2024 (Distribution Channel Growth Trends)  is one of the 239 most comprehensive collections of specific databases produced by the Duniaindustri.com team, with wide enough coverage from general to specific descriptions so that they can describe comprehensive industry dynamics. This data research begins by displaying the highlights of the Indonesian economy, which was affected by the Covid-19 pandemic, thus disrupting

Seluruh Pelumas yang Beredar Diwajibkan Sesuai SNI

Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib untuk  komoditas oli pelumas  yang beredar di Indonesia mulai September 2019. Bahkan, untuk mendukung hal itu, disiapkan sanksi tegas berupa pidana dan denda hingga Rp50 miliar bagi pelanggar ketentuan SNI wajib tersebut. "Awalnya,  SNI bagi pelumas  memang sukarela. Namun kalau sudah diwajibkan, maka  semua pelumas  yang beredar di Indonesia, baik dalam maupun luar negeri harus memenuhi SNI. Dan bagi para pelanggar regulasi ini, mau tidak mau pasti ada sanksi,” ujar Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi BSN Kukuh S. Achmad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (11/3/2019). Menurut dia, ancaman sanksi tersebut diatur dalam Bab X tentang Ketentuan Pidana UU No. 20 Tahun 2014 tentang Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian. Terkait pemalsuan SNI atau membuat SNI palsu, misalnya, sesuai 62, para pelaku diancam pidana penjara paling tujuh tahun atau pidana denda paling banyak R

Empat Tipe Market Leader dan Karakteristiknya

Ketika berbicara mengenai persaingan bisnis seperti misalnya persaingan pasar, maka kita berbicara mengenai “perang” yang harus dimenangkan. Itu berarti bahwa sebagai pengelola bisnis, Anda harus mengatur strategi jitu untuk “terus survive” memenangkan persaingan. Mengetahui kekuatan pesaing sangat penting bagi strategi perencanaan pemasaran yang efektif.  Pengelola usaha harus terus membandingkan produk, harga, dan saluran promosinya dengan pesaing terdekatnya. Dengan cara inilah pengelola usaha akan dapat menentukan bidang di mana usahanya memiliki keunggulan dan kelemahan kompetitif. Kotler (2002) mengklasifikasikan Persaingan Pasar berdasarkan klasifikasi peranan yang dimainkan oleh perusahaan dalam pasar sasaran, di antaranya: pemimpin pasar (market leader), penantang pasar (market chalengger), pengikut pasar (market follower), dan pengisi relung pasar (market nicher). 1. Pemimpin Pasar (market leader) Merupakan perusahaan yang memiliki pangsa pasar terbesar di p